PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG BAHAYA NAPZA DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL JANNAH KELURAHAN PAHANDUT SEBERANG KOTA PALANGKA RAYA

Meilitha Carolina, Septian Mugi Rahayu, Elin Ria Resti

Abstract


Latar Belakang: Hasil penelitian Sholihah (2014) mengatakan, pengetahuan merupakan aspek kognitif yang diidentifikasi berperan penting dalam penyalahgunaan, berupa rendahnya pengetahuan tentang NAPZA.Berdasarkan survei yang didapatkan di Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Kelurahan Pahandut Seberang Kota Palangka Raya, masih banyak siswa yang belum mengetahui bahaya NAPZA.

Tujuan Penelitian: Menganalisis pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan siswa tentang bahaya NAPZA di Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Kelurahan Pahandut Seberang Kota Palangka Raya.

Metode Penelitian Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre eksperimental. Rancangan penelitian yang dipilih adalah one-group pra-post test design. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 51 orang serta diuji dengan uji statistik Wlicoxon.

Hasil Penelitian: Berdasarkan uji statistik pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan menunjukkan nilai significancy P value < nilai α dengan tingkat significancy α = 0,05. Nilai significancy menggunakan uji Wlicoxon diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.

Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan responden dengan P value 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Pendidikan kesehatan, tingkat pengetahuan, NAPZA.


Full Text:

PDF

References


Asti, Yeli. 2014. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Penyalahgunaan Narkoba Pada Siswa/i SMP Negeri 4 Kecamatan Pontianak Timur Kotamadya Pontianak. Jurnal Universitas Tanjungpura Pontianak.

Budiman dan Agus Riyanto. 2014. Kapita Selekta Kuesioner: Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan.

Jakarta: Salemba Medika.

Buzarudina, Frisa. 2013. Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa SMAN 6 Kecamatan Pontianak Timur. Universtas Tanjungpura.

Fitriani, Sinta. 2011. Promosi Kesehatan.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kristina, Novi. 2015. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Senam Kaki Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Lansia Dengan Diabetes Melitus Di Puskesmas Pahandut Palangka

Raya. STIKes Eka Harap. Maulana, Heri D. J. 2009. Promosi Kesehatan.

Jakarta: EGC.

Mubarak, Wahid Iqbal dkk. Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nuradita, Elok. 2013. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Bahaya Rokok Pada Remaja Di Smp Negeri 3 Kendal. Jurnal Universitas Muhammadiyah Semarang.

Nurhidayah, Rika Endah. 2010. Ilmu Perilaku

dan Pendidikan Kesehatan untuk

Perawat. Medan: USU Press.

Nursalam. 2014. Metodologi Penelitian Ilmu

Keperawatan: Pendekatan Praktis. Ed.

Jakarta: Salemba Medika

Santoso, Budi. 2010. Peer Konselor Sebagai

Bentuk Intervensi Keperawatan Komunitas Untuk Mencegah Risiko Penyalahgunaan NAPZA Pada Siswa SMK TJ Di Kelurahan Ratu Jaya Depok. Jurnal Universitas Indonesia.

Sholihah, Qomariyatus. 2014. Efektivitas Program P4GN Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA.

Jurnal Universitas Lambung Mangkurat.

UNODC. 2015. World Drug Report 2015.

New York: United Nations.

Willis, Sofyan S. 2014. Remaja Dan Masalahnya: Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja Narkoba, Free Sex Dan Pemecahannya. Bandung:

Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Kebidanan by DKSM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ojs.dinamikakesehatan.stikessarimulia.ac.id/index.php/dksm.

_________________________________________________

Flag Counter

  ______________________________________________

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats_