HUBUNGAN SIKAP DAN MASA KERJA BIDAN DENGAN PENGGUNAAN PARTOGRAF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEKAUMAN BANJARMASIN

Sismeri Dona, Yayu Puji Lestari, Eka Rezki Amelia

Abstract


Latar belakang: Salah satu pelayanan kebidanan yang diberikan bidan adalah pertolongan persalinan. Dalam pertolongan persalinan normal partograf sangat diperlukan untuk memantau kemajuan persalinan, sehingga bila ditemukan komplikasi dalam persalinan dapat segera diatasi. Namun kenyataan dilapangan penggunaan partograf oleh bidan masih kurang tepat, karena penggunaan partograf yang seharusnya digunakan selama proses persalinan tetapi digunakan setelah selesai persalinan.

Tujuan: Menganalisis hubungan sikap dan masa kerja bidan dengan penggunaan partograf dalam proses persalinan di wilayah kerja Puskesmas Pekauman Banjarmasin.
Metode: Analitik deskriftif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah bidan praktik mandiri di wilayah kerja Puskesmas Pekauman Banjarmasin dan sampel sebanyak 15 sampel dengan teknik sampel jenuh. Penggumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis dengan uji korelasi Spearman Rank (Z tabel=1,96).

Hasil: Ada hubungan sikap dengan penggunaan partograf berdasarkan hasil uji spearman rank diperoleh nilai Z hitung (2) > Z tabel (1,96). Tidak ada hubungan bermakna antara masa kerja dengan penggunaan partograf berdasarkan hasil uji spearman rank nilai Z hitung (-2,93) < Z tabel (1,96). Tidak ada hubungan antara sikap dan masa kerja bidan dengan penggunaan partograf di wilayah kerja Puskesmas Pekauman Banjarmasin berdasarkan hasil uji spearman rank nilai Z hitung (1,55) < Z tabel (1,96).
Simpulan: Tidak ada hubungan antara sikap dan masa kerja bidan dengan penggunaan partograf di wilayah kerja Puskesmas Pekauman Banjarmasin.

Kata kunci: Sikap, Masa Kerja, Partograf, Bidan


Full Text:

PDF

References


Azwar S. 2011. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar

Gustiawati, Irma. 2012. Faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan partograf oleh bidan di kabupaten tanjung jabung barat tahun 2012. Skripsi (http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20320586-S-Irma%20Gustiawati.pdf, diakses tanggal 14 November 2015)

Mauliku. Novie E, Nurbaeti, Indrianti .W. 2008. Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Pendidikan Bidan Dengan Penggunaan Partograf Di Puskesmas Pagaden Periode Maret Sampai Juli 2008. Subang. (http://stikesayani.ac.id/publikasi/e-journal/files/2008/200812/200812-002.pdf diakse tanggal 24 Mei 2016)

Notoadmodjo, Soekidjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka

Prawirohardjo, Sarwono .2011. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka

Susilowati, Sulistiyaningsih. 2013. Analisa Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Pembuatan Partograf Oleh Bidan Di Puskesmas Dukuhseti Dan Puskesmas Tayu II Kabupaten Pati Tahun 2011. Jurnal Ilmu Kebidanan Dan Kesehatan Vol 3, No 2 Januari 2013 (http://siakad.akbidbup.ac.id/img/jurnal/VOL3NO2_2.pdf diakses tanggal 24 Mei 2016)

Wawan A, Dewi M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Kebidanan by DKSM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ojs.dinamikakesehatan.stikessarimulia.ac.id/index.php/dksm.

Web
Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats_