HUBUNGAN KOMUNIKASI BIDAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN ANC DI PUSKESMAS SEI JINGAH BANJARMASIN UTARA

Fadhiyah Noor Anisa, Istiqamah Istiqamah, Ayu Amalia Futri

Abstract


Latar Belakang: Pembangunan kesehatan ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kualitas sumber daya manusia dan kualitas kehidupan. Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional yakni meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi orang yang bertempat tinggal diwilayah kerja puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat. Puskesmas Sei Jingah pada tahun 2012 cakupan K1 sebesar 70,8% dan K4 sebesar 80,3%, telah terjadi penurunan dari K1 ke K4 sebesar 28,3%. Pada tahun 2013 cakupan K1 sebesar 83,2% dan K4 sebesar 70,5%, terjadi penurunan sebesar 30% dan pada tahun 2014 cakupan K1 sebesar 87,09% dan K4 sebesar 73,93% terjadi penurunan sebesar 30,16%.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara komunikasi bidan dengan tingkat kepuasan ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan ANC di Puskesmas Sei Jingah Banjarmasin Utara.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi adalah semua ibu hamil yang melakukan kunjungan ulang di Puskesmas Sei Jingah. Sampel sebagian dari populasi yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan taraf signifikan 95% (0,05).
Hasil: Dari hasil penelitian komunikasi bidan dengan ibu hamil sebagian besar sangat baik berjumlah 28 orang (93,4%), sebanyak 21 orang (70,00%) menyatakan sangat puas dan hasil analisis statistic dengan uji rank Spearman tidak ada hubungan kemaknaan antara komunikasi bidan dengan tingkat kepuasan ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan ANC di Puskesmas Sei Jingah Banjarmasin tahun 2015 (p = 0,358).

Kata Kunci : komunikasi, kepuasan, ibu hamil, pelayanan ANC


Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. 2013. Rekapitulasi Angka Kematian Ibu dan Bayi. Banjarmasin: Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. 2013. Angka Kematian Ibu dan Bayi. Banjarmasin: Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan

Kemenkes RI. 2013. Survei Demografi AKI dan AKB. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Manuaba, IGB. 2012. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC

Pohan. 2013. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: Pustaka Merdeka

Salmah. 2010. Asuhan Kebidanan Antenatal. Jakarta: EGC

Sugito. 2011. Pendekatan Mutu dan Kepuasan Pelanggan dalam Pelayanan Kesehatan Materna. Jakarta: EGC

Sulistyawati, Ari. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika

Supranto. 2014. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rieneka Cipta

Triatmojo. 2010. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Nuha Medika

Uripni, Lia Christina. 2014. Komunikasi, Teori dan Praktik dalan Kebidanan. Jakarta: EGC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Kebidanan by DKSM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ojs.dinamikakesehatan.stikessarimulia.ac.id/index.php/dksm.

Web
Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats_